Rabu, 17 November 2010

manusia dan keindahan

Sebelumnya kita pernah membahas tentang manusia. Sekarang kita akan membahas manusia dan keindahan.
Keindahan adalah sesuatu yang abstrak yang biasa diartikan bagus,permai, cantik, elok, dll. Benda yang memiliki sifat keindahan adalah benda-benda hasil karya seni, pemandangan alam dan banyak lagi bentuk-bentuk lainnya. Keindahan adalah bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena manusia dapat menciptakan keindahan dan manusia juga menikmati keindahan itu sendiri.
1. Keindahan dalam arti luas :
Merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indahdan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagi sesuatu yang selainbaik. juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah dan kebajikan yangindah. Orang Yunani dulu berbicara pula mengenai buah pikiran yang indah dan adat kebiasaanyang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal pengertian keindahan dalam arti estetis yangdisebutnya 'symmetria' untuk keindahan berdasarkan penglihatan ( misalnya pada karyapahat dan arsitektur) dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran (musik). Jadipengertian keindahan yang seluas-luasnya meliputi :
1. keindahan seni
2. keindahan alam
3. keindahan moral
4. keindahan intelektual

2. Keindahan dalam arti estetis murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang dicerapnya.
3. Keindahan dalarn arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang dicerapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna. sumber (http://skyrider27.blogspot.com/2010/03/manusia-dan-keindahan.html)

Kerapihan adalah sesuatu yang tersusun dengan baik dan terlihat indah.
Keserasian adalah sesuatu yang dipadukan sedemikiaan bagusnya dengan paduan warna yang mempesona sehingga menimbulkan keindahan.
Dan menurut saya kerapihan dan kebersihan merupakan bagian dari keindahan karena dengan manusia membuat kerapihan dan keserasian dapat pula menciptakan keindahan dihidupnya. dan itu tidak dapat terpisahkan karena semua penggabungan itu dapat menciptakan keindahan yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar