Rabu, 17 November 2010

manusia dan penderitaan

Manusia dan Penderitaan


Penderitaan adalah sesuatu yang buruk dan sangat menyakitkan hati dan sebenarnya tidak dikehendaki atau diharapkan kedatangannya dihidup manusia.
Penderitaan yang Allah berikan bertingkat-tingkat sesuai dengan kemampuan manusia itu sendiri. Dan penderitaan merupakan realitas yang hadir didunia untuk melengkapi hidup manusia.
Manusia dan penderitaan adalah sebuah paket yang tidak dapat dipisahkan sebab sebenarnya saling melengkapi karena dengan penderitaan, manusia belajar menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dan belajar mengenal kesulitan untuk memperkuat hati dan hidup mereka.
Walau sebenarnya banyak dari kita terkadang merasa iri akan kebahagiaan yang orang lain rasakan dan membuat kita lebih menderita. Dan banyak pula manusia yang meratapi penderitaan mereka seakan penderitaan yang mereka alami adalah sebuah murka Allah yang tidak akan bisa diselesaikan. Namun terkadang penderitaan membuat manusia menjadi lebih buruk dari sebelumnya menjadi seseorang yang selalu berfikiran negatif tentang hidupnya dan orang lain.
Seharusnya jangan mengangap penderitaan yang kita alami adalah sebuah murka Allah tapi lebih kepada sebenarnya Allah sedang memberikan kita kasih sayang dengan cara-NYA dan percaya bahwa Allah selalu mempersiapkan penyelesaian dari semua penderitaan yang Allah berikan kepada kita, maka jangalah kita berputus asa dalam menghadapi semua penderitaan yang Allah berikan tapi jadikan pacuan untuk menjadi manusia yang kuat, taat, dan menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya.
Penderitaan juga mengajarkan kita tentang pasrah kepada Allah, mengajarkan keikhlasan, kesabaran, dan banyak lagi hikmah yang Allah berikan dalam bentuk penderitaan.
Bersyukur adalah sebuah kunci untuk menjadi manusia yang selalu pasrah menerima semua yang Allah berikan dan ikhlas dalam menyelesaikan masalah yang Allah berikan tanpa mengeluh. Dan percayalah Allah akan selalu memberikan jalan yang terbaik untuk kita walau dengan cara-NYA sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar