Jumat, 26 November 2010

manusia dan tanggung jawab

Tanggung Jawab adalah kesadaran manusia atas tingkah laku atau perbuatannya yang disesngaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung Jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Seseorang mau bertanggung jawab karena ada keadaran atau keinsafan atau pengertian atas perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan orang lain. Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia memiliki tanggung jawab. tanggung jawab juga mencirikan manusia beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena dia menyadari akibat baik atau buruknya perbuatan itu.
Macam- Macam tanggung jawab:
1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
2. Tanggung jawab terhadap keluarga
3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
4. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara
5. Tanggung jawab terhadap tuhan

-Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.
-Tanggung Jawab terhadap keluarga menyangkut menjaga nama baik keluarga.
-Tanggung Jawab terhadap masyarakat menyangkut tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hodupnya dalam masyarakat tersebut.
-Tanggung Jawab terhadap bangsa dan negara, apabila masyarakat berbuat kesalahan wajib bertanggung jawab terhadap negara.
-Tanggung Jawab terhadap TUHAN, ini hal yang paling penting karena hubungan kita dengan TUHAN adalah bagian terpenting karena tuhan yang memberikan kehidupan kepada kita. dan dan tuhan mewajibkan kita bertanggung jawab terhadap hal kita lakukan sebelumnya. apabila kita salah tuhan akan memberikan hukuman-hukuman dan sanksi kepada kita.
Pengorbanan adalah sesuatu yang kita lakukan untuk mendapatkan hal yang kita inginkan.
Jadi tanggung jawab dan pengorbanan sangatlah berbeda tanggung jawab adalah kesadaran pada diri kita dan pengirbanan adalah hal yang kita lakukan untuk mendapatkan sesuatu.

sumber : http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab9-manusia_dan_tanggung_jawab.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar